Cinta Dunia Pokok Segala Kesalahan, Pangkal Segala Bencana

Cinta Dunia Pokok Segala Kesalahan, Pangkal Segala Bencana

Artikel terkait : Cinta Dunia Pokok Segala Kesalahan, Pangkal Segala Bencana

"Peringatan Terhadap Cinta Dunia".

فَصْل : في التحذير من حبِّ الدنيا

Fasal Tentang; Peringatan Terhadap Cinta Dunia



قال رسول الله - صلى الله عليه وسلم : حب الدنيا رأس كل خطيئة

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda; “Cinta dunia adalah sumber dari segala kesalahan”.


فإذا كان حبُّها رأسَ كل خطيئة، وأصل كل بلية، وأساس كل رزية، ومعدن كل فتنة، ومنبع كل محنة، وهو أمر قد عمَّ في هذا الزمان ضرره وطار شرره وعظم خطره وأطبق عليه الخاص والعام وتظاهر الناس به بلا احتشام كأنه لا عار فيه ولا ملام

Manakala cinta dunia menjadi pokok dari segala kesalahan, pangkal dari segala bencana, dasar dari segala kehancuran dan sumber dari segala huru-hara dan malapetaka, artinya ia merupakan perkara yang kerusakannya benar-benar telah mewabah di zaman ini, keburukannya telah menyebar kemana-mana, bahayanya sangat luas meliputi orang khusus dan orang awam, dan orang-orang pun memamerkannya tanpa rasa malu seolah-olah mereka tidak memiliki aib atau pun cela dalam dirinya.

وقد تمكن من قلوبهم كل التمكن، فأثمر لهم الحرص البالغ على عمارة الدنيا وجمع الحطام، فَغَدَوا وراحوا بشبكاتهم لاصطياد الشبهات والحرام. كأن الله قد فرض عليهم عمارة الدنيا كما فرض الصلاة والصيام.

Sungguh dunia benar-benar telah menguasai hati mereka seutuhnya dan membuahkan mereka memiliki shifat tama’ yang berlebih-lebihan dalam mema’murkan dan mengumpulkan harta duniawai sehingga mereka datang silih berganti dengan jebakan mereka untuk memburu barang syubhat dan barang haram seakan-akan Allah Ta’ala telah mewajibkan kepada mereka untuk mema’murkan harta duniawi sebagaimana Allah Ta’ala mewajibkan shalat dan puasa.


ولذلك دَرَسَتْ معالمُ الدِّين وطُمِسَتْ أنوارُ اليقين وخَرِسَت ألسنة المذكِّرين، وعَفَتْ سُبُلُ الهدى واقتُحِمَت سُبلُ الرَدَى. وهذه والله هي الفتنة العمياء الصماء المدلهِمَّة السوداء التي لا يُجاب فيها من دعا ولا يُسمع فيها من نادى.

Oleh karena itu, hilanglah rambu-rambu agama, sirnalah cahaya keyakinan, membisulah lisan-lisan pemberi peringatan, tertutuplah jalan-jalan kebenaran dan terbukalah jalan-jalan kebinasaan. Demi Allah, ini merupakan fitnah yang buta, tuli, gelap gulita, yang menyebabkan do’a-do’a tidak terkabul, dan tidak dihiraukannya seruan orang yang berseru.

حقٌّ ما أخبر به سيد الأنبياء - صلى الله عليه وسلم - إذ يقول: لكل أمة فتنة وفتنة أمتي المال، ولكل أمة عجل وعجل أمتي الدينار والدرهم
معناه - والله أعلم - : أن لكل أمة شيئاً يشتغلون به عن عبادة الله تعالى كل الاشتغال كما اشتغلت بنو إسرائيل بعبادة العجل عن عبادة الله تعالى

Sungguh benar apa yang di sampaikan baginda para Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda;
“Sesungguhnya setiap umat memiliki fitnah, dan fitnah umatku adalah harta, dan setiap umat memiliki anak sapi dan anak sapi umatku adalah dinar dan dirham”.

Artinya {Allah Ta’ala lebih mengetahui akan ma’nanya}; Sesungguhnya setiap umat memiliki sesuatu yang dapat menyibukkan mereka dari ber’ibadah kepada Allah Ta’ala, sebagaimana kesibukan yang menyibukkan kaum Bani Isra,il dengan menyembah patung anak sapi (yang terbuat dari emas) daripada menyembah Allah Ta’ala.


Cinta dunia adalah sumber dari segala kesalahan


Kitab; "Risalatul Mudzakarah Ma'al Ikhwan Al Muhibbin Min Ahlil Khair Wad Din"

Karya; Al Habib 'Abdullah Bin 'Alwy Al Haddad Rahimahullah Wanafa'ana Bihi Wabi 'Ulumihi Fid Daraini Amiin...

Sekian dulu pemaparan tentang Cinta Dunia Pokok Segala Kesalahan, Pangkal Segala Bencana, semoga bermanfaat.

Artikel Top Kajian Lainnya :

Copyright © Top Kajian